Pemasaran Langsung Makanan Awetan dari Bahan Hewani


   Pemasaran merupakan salah satu faktor yang sangat penting untuk mencapai tujuan usaha dalam rangka mendapatkan laba yang direncanakan. Faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam menjalankan kegiatan pemasaran suatu produk yaitu jenis produk, persaingan produk, kebutuhan pasar, tujuan pemasaran, dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan produk itu sendiri.

    Perlu dilakukan strategi yang tepat untuk membuat keberhasilan pemasaran produk. Berikut adalah strategi-strategi pemasaran yang bisa digunakan :

1. Product (Produk)
Perbaikan kualitas produk yang mempunyai daya simpan lebih lama, serta kemasannya yang lebih baik diharapkan dapat menjadikan produk yang lebih baik untuk oleh-oleh.

Berikut adalah beberapa hal yang penting diperhatikan mengenai produk :
  1. Kualitas yang mampu menjawab dan memuaskan keingina konsumen.
  2. Kuantitas yang sanggup memenuhi kebutuhan pasar.
  3. Penciptaan produk baru yang inovatif sesuai keinginan konsumen.
  4. Penciptaan nilai tambah pada produk.
  5. Penciptaan produk yang mempunyai daur hidup (life cycle) panjang (jangan hanya booming sesaat).

2. Price (Harga)
Pada penetapan harga produk, berikut adalah hal-hal yang perlu dipertimbangkan :
  1. Mempertimbangkan harga pokok produksi.
  2. Menyesuaikan harga produk dengan pasar yang kita bidik.
  3. Melakukan perbandingan harga dengan produk sejenis yang sudah ada di pasaran.

3. Place (Tempat)
Beberapa pertimbangan dalam penetapan tempat menjual produk, bisa dilakukan sebagai berikut :
  1. Lokasi penjualan sebaiknya yang mudah dijangkau konsumen.
  2. Lokasi penjualan yang memiliki fasilitas yang memuaskan konsumen.
  3. Lokasi yang memiliki nilai tambah (estetik dan keindahan).

4. Promotion (Promosi)
     Beberapa saluran promosi yang bisa digunakan dalam membantu meningkatkan penjualan produk, bisa melalui media sosial, blog, dan website. Juga bisa dilakukan dengan mengikuti bazar-bazar yang banyak dilakukan berbagai instansi/organisasi di lingkungan sekitar.

   Bentuk pemasaran bisa dilakukan secara langsung maupun tidak langsung, disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi. Menurut Direct Marketing Association, pemasaran langsung adalah sistem pemasaran interaktif yang menggunakan satu atau lebih media iklan untuk menghasilkan tanggapan dan/atau transaksi yang dapat diukur pada suatu lokasi.

   Pemasaran langsung untuk produk makanan awetan dari hewani dapat menggunakan berbagai saluran untuk menjangkau calon pembeli dan pelanggan. Saluran itu adalah sebagai berikut :
  1. Penjualan tatap muka.
  2. Pemasaran surat langsung.
  3. Pemasaran melalui katalog.
  4. Telemarketing.
  5. TV dan media dengan tanggapan langsung lain.
  6. Pemasaran melalui kios.
  7. Saluran online.


   Makanan awetan dari bahan hewani tentu memerlukan media yang tepat untuk sarana promosi produknya. Media promosi yang bisa digunakan untuk pemasaran produk khas daerah ini diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Pertemuan Rutin
Pertemuan rutin pada area paling kecil, misalnya RT/RW dan kompek perumahan yang bisa dijadikan media promosi makanan awetan yang efektif.

2. Pameran/Bazar
Media promosi makanan awetan yang bisa juga dilakukan pada acara pameran/bazar, baik oleh instansi/departemen tertentu, maupun pihak swasta dan perorangan.

3. Media Sosial
Media sosial bisa dimanfaatkan sebagai media promosi yang efektif dan efesien, seperti Facebook, Line, Instagram, Whatsapp, dan media sosial lainnya.


***


Jika ada bagian yang susah dimengerti atau ada yang salah, bisa hubungi admin atau komen di bawah ya 😊
Sekian artikel dari Pemasaran Langsung Makanan Awetan dari Bahan Hewani. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya 😉

Comments